Cara Atasi Sakit Gigi Pada Anak Dengan Bahan Alami

Sakit gigi pada anak tidak hanya dirasakan pada anak tersebut, tetapi dirasakan juga oleh para orang tua, bukan berarti orang tua akan ikut sakit gigi juga loh ya, melainkan dampak dari sakit gigi yang dialami oleh anaknya. Sebagai orang tua pasti akan merasakan apa yang dirasakan anaknya ketika anak merasakan sakit gigi. Mulai dari rewel, nangis, tidak mau makan, dan lain-lain yang membuat orang tua merasa kasihan terhadap anaknya, hal ini wajar dialami oleh semua orang tua di seluruh dunia yang tidak ingin melihat anaknya merasakan sakit. Apalagi sakit gigi yang dirasakan oleh anak anda di waktu malam yang seharusnya anak-anak sudah tertidur pulas, yang mengakibatkan anak anda menangis, rewel, dan tidak mau tidur karena sakit gigi tersebut.

Sakit-gigi-pada-anak-usia-3-tahun
Sakit gigi pada anak usia 3 tahun



Sakit gigi pada anak yang berusia 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun atau bahkan diatas usia tersebut biasanya timbul akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa manis. Karena keseringan makan yang manis-manis timbunan sisa-sisa makanan manis tadi menumpuk pada gigi dan sela-sela gigi yang mengakibatkan bakteri dari sisa makanan manis tersebut berkembang biak pada gigi, dan dari sinilah sakit gigi pada anak terjadi, maka dari itu seharusnya para orang tua melatih anak-anak agar membiasakan sikat gigi pagi dan sebelum tidur, agar nantinya kita bisa mengurangi resiko sakit gigi pada anak kita.



Berikut ini ada cara alami yang dapat mnyembuhkan sakit gigi pada anak


1. Berikan Es Batu

Pertolongan pertama untuk dapat mengurangi rasa sakit yang diderita anak akibat sakit gigi, anda bisa melakukannya dengan memberikan pijatan es batu. Pemberian es batu akan membantu meredakan rasa sakit yan diderita anak, sebab bagian tubuh yang diletakan es batu akan menimbulkan efek mati rasa sehingga rasa sakit bisa diredam.

Anda bisa menggunakan es batu sebagai obat sakit gigi pada anak dengan cara menempelkan beberapa es batu yang dibungkus dengan kain bersih. kompreslah pada bagian pipi yang sakit dengan es batu.

2. Bawang putih

Bawang putih termasuk salah satu bumbu dapur yang memiliki sifat antiseptik cukup tinggi. Sifat inilah yang dapat membantu membunuh berbagai jenis kuman penyebab radang area gigi. Bawang putih sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat sakit gigi tradisional. So, kamu tak perlu meragukan khasiatnya.

Cara mengobati sakit gigi berlubang pada anak dengan bawang putih:

  • Sediakan bawang putih 1-2 siung (biji) saja.
  • Kupas bawang tadi, kemudian haluskan dengan menumbuknya.
  • Tempelkan ke area gigi yang sakit selama 10 menit.
  • Untuk hasil maksimal, anda bisa menambahkan garam halus.
  • Kumur dengan menggunakan air hangat dan lihat hasilnya.

Note: jika anda tak punya bawang putih, anda dapat menggunakan bawang merah. Sebab mereka berdua memiliki khasiat yang sama sebagai obat sakit gigi.

3. Garam

Garam memiliki rasa yang sangat asin, tetapi garam bisa kita gunakan sebagai obat sakit gigi secara alami. Garam mengandung yodium tinggi yang dapat membantu meredakan rasa ngilu atau nyeri pada gigi. Bila anda menggunakan garam secara rutin, maka garam dapat membantu membunuh kuman/bakteri penyebab sakit gigi.

Cara menyembuhkan sakit gigi pada anak dengan air garam:

  • Siapkan garam sebanyak 3-4 sendok makan.
  • Larutkan garam tadi kedalam segelas air hangat.
  • Aduk sampai terlarut secara sempurna,
  • Kemudian gunakan untuk berkumur selama 1 menitan.
  • Jangan mengunyah garam langsung, sebab penyebarannya tidak akan sampai ke sela-sela gigi.

Note: Hentikan pemakaian jika sakit gigi sudah sembuh. Karena penggunaan garam secara berlebihan dbisa membuat gigi menjadi keropos.

4. Jeruk nipis


Jeruk nipis sebetulnya masih termasuk kedalam keluarga buah jeruk. Cuman, rasanya cukup masam sehingga sangat jarang yang mengonsumsinya langsung, kebanyakan jeruk ini diolah menjadi minuman jus. Jeruk nipis mengandung senyawa antibiotik alami yang dapat meredakan sakit gigi berlubang akibat bakteri.

Cara meredakan sakit gigi pada anak dengan jeruk nipis:

  • Sediakan 1 jeruk nipis yang masih segar, belah menjadi dua bagian.
  • Peras dalam suatu gelas.
  • campurkan perasan jeruk nipis tadi dengan air hangat.
  • lalu berkumurlah dengan air hangat yang bercampur jeruk nipis tadi.

Note: Jangan sampai tertelan, karena kumuran tadi mengandung bakteri.

Itulah dia beberapa cara untuk mengobati sakit gigi pada anak usia 3 tahun . Cara diatas dapat anda lakukan untuk pertolongan pertama ketika anak sedang mengalami sakit gigi pada kondisi yang tidak terduga.

Jika bermanfaat bisa dishare ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon