Kenapa Gigi Bungsu Tumbuh Rasanya Sakit Sekali

Tumbuhya gigi bungsu memang sangat menyakitkan bagi setiap orang, gigi bungsu adalah gigi graham ketiga yang muncul atau tumbuh pada usia diatas 19 tahun, dan ada juga diusia itu belum tumbuh, dan ada pula yang diusia lanjut baru tumbuh karena memang setiap orang berbeda beda.

Pertumbuhan gigi bungsu terdapat di 4 posisi yaitu dibagian atas kanan dan kiri serta bagian bawah kanan dan kiri.

Pada saat gigi ini tumbuh sempurna maka fungsi gigi bungsu akan sangat bagus untuk menghaluskan makanan, dan membantu bilamana ada gigi geraham lain yang tanggal. tetapi jika pertumbuhanya tidak sempurna maka hal ini akan menyakitkan. Jika gigi tumbuh tidak sempurna dan menimbulkan rasa sakit maka jalan satu-satunya adalah melakukan operasi.


gigi-bungsu-tumbuh
Gigi Bungsu Tumbuh Miring


Masalah yang terjadi pada tumbuhnya gigi bungsu


Gigi bungsu tumbuh tidak sempurna pada gusi

Banyak orang yang mengalami sakit yang sangat parah ketika ada gigi geraham ketiga ini yang tidak tumbuh secara sempurna, gigi tumbuh miring kesamping, gigi bungsu yang tumbuh hanya sebagian saja. gigi bungsu atas tumbuh miring, masih tertutup gusi. Memang tumbuhnya gigi bungsu ini tidak bisa kita hindari dan masalah dari keluarnya gigi bungsu adalah rasa sakit yang bikin gusi bengkak, bahkan sampai merasakan demam.

Gigi berdesakan akibat tumbuhnya gigi bungsu

Karena gigi graham ketiga ini tumbuh paling terakhir, kadang rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk gigi graham tumbuh dengan wajar. Alhasil gigi bungsu akan mendesak gigi geraham yang ada di dekatnya. Hal ini menyebabkan sakit pada gigi. dan jika anda mengalami ini kami saran kan untuk segera periksakan gigi anda ke dokter gigi,


Kapan waktu yang tepat untuk melakukan operasi ??

Beberapa efek yang menandakan harus segera dilakukan operasi kecil yaitu jika gigi bungsu memicu rasa sakit, infeksi, atau nyeri gusi serta merusak gigi atau tulang di sekitarnya. Gigi bungsu yang harus segera ditindak lanjuti yaitu jika menyebabkan sisa makanan terperangkap dan sulit untuk dibersihkan akan membentuk kista (kantong berisi cairan) di sekitarnya.

Meski demikian, operasi gigi bungsu juga harus ditunda jika terjadi gigi bengkak, infeksi, demam, rasa sakit yang tak tertahankan. Umumnya dokter gigi akan terlebih dahulu memberikan obat antibiotik untuk meringankan sakit gigi tersebut. Dokter juga akan memberikan obat pereda nyeri untuk meringankan rasa sakit dan obat kumur antibakteri.


Pencabutan gigi bungsu

Apakah harus dicabut?? dicabut atau tidak??

Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter gigi. Ketika kita pergi ke dokter gigi maka tidak langsung dilakukan operasi kecil pada gigi kita, melainkan akan terlebih dahulu dilakukan foto ronsen menggunakan sinar X agar mengetahui posisi, bentuk dan kedalaman gigi bungsu ini. Setelah dilakukan pemeriksaan maka akan diperoleh suatu kesimpulan apakah gigi tidak dicabut, atau tetap dilakukan pencabutan.

Biasanya operasi ini dilakukan dengan pembiusan lokal, tetapi juga kadang-kadang dibius total. Untuk pencabutan gigi sebaiknya dilakukan secara professional oleh dokter gigi, karena komplikasi yang mungkin timbul saat dan setelah proses pencabutan.


Untuk mempercepat proses penyembuhan setelah operasi:


  • Istirahat lah sepanjang hari dan tidak mengerjakan pekerjaan berat.
  • Hindari merokok. minimal selama 24 jam setelah operasi, kalau bisa 3 sampai 4 hari setelah operasi
  • Hindari menyikat gigi atau berkumur selama 24 jam setelah dilakukan operasi. Karena dikhawatirkan jahitan lepas.
  • Setelah 24 jam, kebersihan daerah operasi dapat dijaga dengan berkumur air hangat dicampur dengan garam (1 sendok teh garam untuk 1 gelas air) minimal 4 kali sehari. Berkumur dengan pelan-pelan dan hati-hati karena tekanan dapat menyebabkan bekas operasi terbuka dan akan terjadi pendarahan.
  • Menggosok gigi dapat dilakukan dengan hati-hati, terutama di daerah operasi.
  • Bila anda diberi obat penahan sakit dan antibiotik, minum sesuai petunjuk yang sudah diberi dokter.
  • Makan dan minumlah seperti biasanya.
  • Jangan minum menggunakan sedotan, karena tekanannya dapat melepaskan gumpalan darah pada lubang operasi.
  • Hindari minum minuman bersoda, karena busa dari soda diperkirakan dapat melepaskan gumpalan darah pada lubang operasi. Minuman jus buah terutama jeruk sangat disarankan.
  • Makan tambahan vitamin C dianjurkan.
  • Untuk menghindari pembengkakan, setelah operasi rahang dikompres dengan es atau air dingin, lalu tempelkan kompresan es tadi selama 15 menit, diselingi 10 menit tanpa kompres, diulang sampai saat istirahat malam.
  • Pada hari-hari setelah hari operasi, rahang dapat dikompres dengan kompres hangat, untuk menstimulasi peredaran darah di daerah gigi bungsu yang dapat mempercepat penyembuhan.


Selain hal-hal di atas, pembiusan yang dilakukan sebelum operasi juga dapat berpengaruh pada kemampuan psikis dan mekanis. Jangan melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.


Sekian arikel tentang gigi bungsu yang tumbuh miring, semoga anda yang mengalami sakit gigi bungsu diberi kelancaran, dan kesembuhan agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Bila artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon